Senin, 17 Februari 2014

"TMM" Teknik MultiMedia ( Flip Album / Blogger / Website )

Flip Album

Flip Album Professional Versi 4.1 & Versi 6.0 Trial


FlipAlbum FlipAlbum01
Flip Album adalah sebuah aplikasi yang dapat digunakan untuk membuat Album foto secara stand alone. Anda dapat menyusun sebuah album foto dengan model seperti sebuah buku yang dapat Anda  buka dari halaman mana saja. Untuk penggunaan yang lain dapat digunakan untuk membuat sebuah aplikasi presentasi yang sangat menarik. Selain memiliki kemampuan untuk menampilkan foto dan teks juga dapat mengikut sertakan musik dan vidio. Pokoknya seru deh..jika Anda mempelajarinya.
Wahai Ananda mahasiswa, sekarang tugas Anda adalah mendownload file Flip Album yang telah saya Zip menggunakan aplikasi Winzip. Saya ingin melihat bahwa Ananda semua dapat melewati tugas ini. Harapannya adalah (1) kamu mahir dan tahu cara mendonload melalui link file yang saya berikan; (2) kamu dapat mengekstrak file Flip Album yang telah saya zip; (3) kamu dapat menginstall aplikasi Flip Album pada komputer Dekstop ataupun Notebook.
Bagi Ananda yang merasa mudah untuk melakukan langkah-langkah di atas berbagilah dengan kepada kawanmu yang lain dengan menunjukkan cara seperti yang kamu telah lakukan dan tidak dengan cara mematikan kemampuan kawan-kawan kamu. Bagi Ananda yang merasa lemah dan belum mahir dengan Internet berusahalah dengan cara melakukan diskusi atau pertanyaan kepada kawan-kawan kamu yang lain yang kamu anggap mampu. “Malu  bertanya sesat di jalan” atau “malu bertanya jalan terus”.  Ok silahkan klik file di bawah untuk mendownload versi 4.1 dan silahkan Ananda ikuti langkah-langkah selanjutnya. >>FlipAlbum Professional v.4.1<<
Passwordnya ada di file Comment.txt, bisa juga tanya teman yang sudah menginstallnya kelihatan kok melalui menu help>Abaut. Atau kalau lagi malas coba deh masukkan ini: BD008-UUY00-000999B jika Anda belum beruntung coba lagi.!
Bagi Ananda yang sukses melewati semua langkah di atas, maka tugas kamu selanjutnya adalah (1) pelajari dengan seksama program aplikasi ini; (2) buat modul atau manual dari aplikasi tersebut; dan (3) kirim file jadi dari hasil eksplorasi Anda menggunakan aplikasi tersebut ke email saya mustamin_tewa2001@yahoo.com.
Sedangkan bagi Anda yang mau mencoba Flip Album versi 6.0 trial dapat anda klik pada link berikut: http://www.ziddu.com/download/7292897/FlipAlbum6.0.zip.html. “Untuk file contoh buatan aplikasi Flib Album dan manualnya  dapat Anda klik melalui link berikut ..ditunggu ya? sementara dalam proses editing, he..he”

Blogger

Cara Membuat Blog

Masuk ke Blogger ,sama halnya seperti daftar Facebook, di blogger juga harus mempunyai email Gmail terlebih dahulu, yang belum mempunyai email Gmail, harap membuat dulu. Untuk mendaftar, silakan isikan nama email Gmail beserta passwordnya, sama seperti log in ke gmail.com . Setelah itu klik Sign In

Cara Mudah Membuat Blog
Cara Mudah Membuat Blog
Setelah itu Sobat akan dibawa ke tampila seperti ini, Sobat tinggal klik Buat Blog Baru
Cara Mudah Membuat Blog
Gbr. 2 Cara Membuat Blog
Nanti akan ada menu melayang seperti gambar dibawah ini. Isikan Judul dan  Alamat blog dengan nama blog sesuai keinginan Sobat, dan Apabila Sudah diisi alamat blognya maka nanti ada tulisan dibawahnya Alamat blog ini tersedia, kalau tidak sobat bisa mengganti nama blog yang lainnya seperti namablog999 atau terserah sobat. Nah, apabila sudah kini tinggal memilih template atau tampilan blog, pilih sesuai selera Sobat. Untuk template bisa dirubah lagi jadi pilih kalau merasa tidak ada yang bagus, pilih sembarang saja.
Cara Mudah Membuat Blog google
Gbr. 3 Cara Membuat Blog di Blogspot
Setelah selesai, Selamat blog Sobat sudah jadi, tinggal klik Mulai mengeposkan untuk membuat artikel terbaru bagi blog Sobat atau klik gambar pensilnya.
Cara Mudah Membuat Blog gratis
Gbr. 4 Cara Mudah Membuat Blog

Nanti akan tampil seperti gambar dibawah ini, tinggal ikuti sesuai petunjuknya karena sama dengan menulis di Ms.Word, setelah selesai membuat artikel tinggal klik Publikasikan
Cara  Membuat Blog
Gbr. 5 Cara  Membuat Blog
Itulah langkah-langkah mengenai cara membuat blog gratis dan mudah di blogspot. Semoga tulisan ini bisa membantu Sobat yang mau membuat blog gratis dan bisa mempunyai blog di blogspot.

Cara Desain Blog Sendiri

Cara Desain Blog Sendiri. Desain blog sendiri menggunakan template blogger bisa dibilang cukup susah. Apalagi pemula seperti saya ini. Susahnya kita harus banyak membaca dan mempelajari cara mengedit HTML template, menambahkan kode css dan lain-lain. Tapi untungnya menggunakan template asli blogger. Kita bisa dengan mudah untuk mengedit warna, tata letak, mengatur lebar posting, dan masih banyak lagi yang disediakan oleh desainer template.
Jika menggunakan template buatan sendiri, atau download template dari situs lain. Kita tidak bisa menggunakan desainer template dari blogger, karena blogger tidak mendukung template luar. Kalau sudah begitu, mau mengganti warna saja susah, harus edit-edit html lagi, salah sedikit eror template. Masih mending menggunakan template asli blogger, susah diawal, karena harus banyak belajar, tapi seterusnya kita bisa edit template dengan mudah, menggunakan desainer template blogger. Berikut ini adalah daftar cara desain blog sendiri untuk pemula, menggunakan template asli blogger. Semoga Bermanfaat.
cara desain blog sendiri

  1. Cara Membuat Menu Di Blog.
  2. Cara Buat Daftar Isi Blog.
  3. Cara Buat Contact Us
  4. Cara Buat Label atau Kategori.
  5. Cara Membuat Read More Versi Blogger. 
  6. Cara Buat Tombol Share.
  7. Cara Buat Gambar Untuk Header Blog.
  8. Cara Buat Tulisan Bayangan Pada Judul Blog.
  9. Cara Buat Scroll.
  10. Mengatur Gambar posting tidak melebihi halaman blog. 
  11. cara menambahkan widget disamping header. 
  12. Cara Membuat Menu Dropdown dengan Mudah.
  13. Mengganti Tulisan Home-Previous-Next dengan Gambar.
  14. Cara Mengganti Warna Background Judul Sidebar.
  15. Memberi Warna Background di Judul Posting.
  16.  Mangatur Ukuran Kotak Komentar Blog.
  17. Cara Menghilangkan Navbar Blog.
  18. Menghilangkan Sidebar Pada Posting Tertentu.
  19. Menghapus Tulisan Jumlah Komentar.
  20. Menghilangkan Tulisan Langganan Entri Atom.
  21. Menghilangkan Gambar Tang-Obeng.
  22. Menghilangkan Tombol Share di Halaman Awal Blog.
  23. Menghapus tulisan tampilkan posting dengan label. 
Update Tutorial Desain Blog: http://fandrajuani.blogspot.com/

Website

apa itu dreamweaver?
Adobe Dreamweaver merupakan program penyunting halaman web dari Adobe Systems yang dulu dikenal sebagai Macromedia Dreamweaver dari Macromedia. Program ini banyak digunakan oleh pengembang web karena fitur-fiturnya yang lengkap serta kemudahan dalam penggunaannya. Versi terakhir Macromedia Dreamweaver sebelum Macromedia dibeli oleh Adobe Systems yaitu versi 8. Kemudian setelah dibeli oleh Adobe Systems berkembang ke Versi selanjutnya yakni versi 9 (CS3) versi 10 yang ada dalam Adobe Creative Suite 4 (CS4) dan versi terbarunya yaitu CS5.
Sebagai editor web yang handal, Adobe Dreamweaver tentunya dilengkapi dengan kemampuan manajemen situs, yang memudahkan kita mengelola keseluruhan elemen yang ada dalam sebuah situs. Kita juga dapat melakukan evaluasi situs dengan melakukan pengecekan broken link, kompatibilitas browser, termasuk validasi tag-tag HTML dan CSS yang tidak sesuai dengan pedoman secara otomatis serta perkiraan waktu download pada sebuah halaman web.
Adobe Dreamweaver memiliki banyak tool-tool yang memudahkan seorang web design untuk mengedit dan membuat kode-kode dalam halaman web. Fasilitas yang terdapat didalamnya antara lain: Referensi HTML, CSS dan Javascript, Javascript debugger, dan editor kode ( tampilan kode dan Code inspector) yang mengizinkan kita mengedit kode Javascript, XML, HTML, CSS, TEMPLATING dan dokumen teks lain secara langsung. Teknologi Roundtrip HTML yang dimilikinya mampu mengimpor dokumen HTML tanpa perlu memformat ulang kode tersebut dan kita dapat menggunakan Dreamweaver pula untuk membersihkan dan memformat ulang HTML tanpa susah payah.
Dengan fitur yang lengkap, kemudahan penggunaan, dukungan extention dan Plug-In yang banyak, Adobe Dreamweaver dapat membantu seorang web design bekerja lebih cepat dan efisien tanpa kesulitan yang berarti, bahkan untuk seorang pemula sekalipun yang belum banyak mengenal seputar coding HTML dan CSS. Untuk mengetahui lebih lanjut seputar adobe dreamweaver dan mengunduhnya silahkan kunjungi websitenya disini.

Nah…. Di kesempatan ini aku akan menjelaskan bagaimana menginstal software Macromedia Dreamweaver  pada computer kita…

Langkah – Langkahnya sebagai berikut:
1.       Langkah pertama yaitu membuka master Macromedia Dreamweaver  , klik 2 (dua) kali pada SETUPnya, tunggu sebentar, sehingga muncul gambar seperti ini, lalu tekan Next
2.       Pilih “ I accept the ….. “ , lalu tekan Next
3.       Pilih tempat untuk menyimpan file, lalu tekan Next
4.       Klik Next lagi
5.       Klik INSTALL
6.       Tunggulah sebentar
7.       Anda telah berhasil menginstalnya, klik Finish
8.       Buka Macromedia Dreamweaver  tadi, jika harus masukan serial number masukan lah dengan membuka dimana tempat serial number berada,, selamat mencoba
Membuat Web Sederhana Dengan Macromedia Dreamweaver

Yaa kali ini penulis akan mencoba membuat sebuah artikel mengenai pembuatan website dengan tema :  MEMBUAT WEB SEDERHANA DENGAN MACROMEDIA DREAMWEAVER. Artikel ini penulis peruntukan buat tingkat pemula atau yang masih newbie dan ingin belajar mengenai pembuatan sebuah website  dengan Dreamweaver.disini penulis akan membahas step by step pembuatan web sederhana dengan full image, supaya pembaca bisa lebih memahami penjelasan yang akan penulis terangkan. Ok kalo begitu kita langsung ke TKP.

Sebelum memulai proyek, kalian sebaiknya mempersiapkan terlebih dahulu foldernya agar file-file project bisa terorganisir secara rapih.coba kalian buat folder seperni ini.
Penjelasan :  Buat folder utama dengan nama websederhana  folder ini nantinya berfungsi untuk menyimpan file project yang akan kita buat, sedangkan folder image nantinya berfungsi untuk menyimpan gambar – gambar yang akan dipakai dalam menunjang pembuatan web, jadi kalian harus mempersiapkan image yang akan di pakai dalam project kali ini. apabila kalian sudah siap langsung saja buka Macromedia Dreamweaver_nya. disini Penulis menggunakan Macromedia Dreamweaver 8. Karna menurut saya untuk tingkat pemula lebih baik menggunakan Macromedia ketimbang Adobe. Untuk caranya pertama pilih File -> New -> Html.
Oya..karna dalam pembuatan web sederhana ini  Full Design ( Tanpa Coding ) maka  kalian pilih menu Design seperti contoh dibawah ini :
Nah kalau  sudah dipilih menu design_nya, pertama tama untuk mendesign web kita memerlukan sebuah tabel.untuk itu ikuti langkah langkah dibawah ini :
  1. Insert -> Table
  2. Ubah settinganya menjadi seperti ini :
Apabila sudah selanjutnya akan tampil gambar seperti berikut :
Sekarang coba kalian letakan kursornya di rows yang pertama, kali ini kita akan membuat sebuah header, oyah  jangan lupa height_nya ubah dengan ukuran 200 px.  lihat contoh dibawah ini :
Untuk header kita akan menggunakan gambar yang telah kita buat dan telah kita simpan sebelumnya di folder image, untuk header bisa dibuat dengan Photoshop, CorelDraw, atau dengan Flash. Tinggal pilih mana yang kalian kuasai. adapun cara untuk memasukan sebuah gambar header adalah sebagai berikut :
  1. Insert -> Image
Apabila sudah memilih Insert -> Image nanti kalian akan disuruh memilih image mana yang akan digunakan sebagai header, tinggal pilih image_nya lalu pilih Ok

Nanti hasilnya akan seperti gambar dibawah, ingat untuk image header. Lebar dan tinggi imagenya harus sesuai dengan table yang sudah dibuat waktu pertama kali kita memasukan table. dalam gambar ditunjukan bahwa No 1 adalah header yang dibuat dengan Photoshop. Nah apabila pembuatan header sudah dirasa cukup. selanjutnya kita akan membagi sebuah tabel menjadi dua kolom,silahkan kalian ikuti langkah – langkah dibawah ini .
Apabila kalian sudah meletakan kursor di rows yang ke-2. Lihat gambar di atas. selanjutnya kalian focus ke properties, kalian ubah vertikalnya menjadi Top supaya posisinya selalu ada di atas. lalu pilih Split Cell, Iconya ditunjukan pada no 2, ketika kalian memilih Split Cell kalian akan diminta untuk memilih berapa kolom atau rows yang akan di tambahkan. karena kita akan menambahkan kolom maka kalian pilih kolom lalu numbernya ubah ke Nomor 2.
Selanjutnya kita akan membuat sebuah menu untuk Navigasi nantinya, hal yang harus kalian lakukan yaitu menyimpan kursor di row ke-2 dan kolom ke-1. Seperti biasa kita memerlukan sebuah table untuk membuat menu tersebut caranya sama seperti gambar diatas. yaitu dengan cara :
  1.  Insert – Table
  2. lalu ubah setiinganya seperti gambar dibawah ini lalu tekan
  3. Ok.
Apabila sudah. kita lanjutkan dengan membuat menunya itu sendiri, disini saya buat lima contoh menu, silahkan kalian tulis seperti contoh gambar dibawah
ini :
  1. Simpan kursor di coloms yang pertama lalu kalian tulis menu Home
  2. Lakukan hal yang sama seperti tadi sampai Menu Contact- Us
  3. Kali ini kita akan mengubah warna tulisan, warna background, lalu membuat copyright caranya :
3.1  simpan kursor di menu home lalu blok sampai menu contact seperti   gambar no satu.
3.2    Di propertis pilih Icon Bg ( untuk Background ), lalu pilih warna yang kalian suka.
3.3  Untuk Warna Text kalian pilih Text color, iconya ada berada tepat dibawah Button CSS
3.4      Pembuatan menu sudah beres, selanjutnya kalian isi conten( halaman ) yang ada di sebelah kanan menu, lihat gambar
3.4   Digambar selanjutnya di perlihatkan kalian harus menyimpan kursor di rows yang paling bawah,lalu kalian tulis CopyRight © by Administrator 2011.
Untuk membuat icon CopyRight langkah – langkahnya adalah seperti ini :
coba kalian Save terlebih dahulu Caranya :
  1.  Save As -> lalu cari Folder yang sudah dibuat Sebelumnya
 Simpan dengan nama file  index.html
Sekarang coba lihat di Browsernya dengan menekan tombol F+12.  dan hasilnya jreng… jreng…. Jreng……
sangat sederhana !! hehehehe…………..
Ya……itulah project web kalian dengan project sederhana ini kalian bisa mengembangkannya lagi. Karna setiap orang berbeda kreatifitas, penulis hanya memberikan contoh yang sangat sederhana supaya kalian bisa memahami penjelasan yang penulis buat.hehehe………… jangan lupa comment_nya ya….dan jangan lupa follow twitterku di @carlosuyha

Tidak ada komentar:

Posting Komentar