Jumat, 24 Januari 2014

OPERATING SYSTEM SERVER (OSS)

MENGENAL OSS
Sistem operasi server utama di Stanford adalah Linux ( dengan preferensi untuk Debian ) dan Windows Server . Central aplikasi IT semua berjalan di kedua platform . Mac OS didukung melalui CRC (Resource Consulting Computer ) untuk server departemen . IT kemampuan Jasa ' untuk menjadi pemasok efektif layanan hosting server tergantung pada kemampuan untuk mendukung platform yang dibutuhkan oleh pelanggan , memberikan kehandalan yang sangat baik dengan harga yang terjangkau .Negara saat iniUntuk Linux :

    
Debian Lenny adalah sistem operasi pilihan untuk sistem Linux , dengan beberapa Debian Etch . Red Hat 5 hanya digunakan seperlunya sesuai spesifikasi penjual , dengan beberapa sisa Red Hat 4 .
    
Ubuntu Hardy digunakan untuk server menjalankan layanan Timeshare .
    
Membangun sistem terpusat yang lebih fleksibel dan mampu daripada yang lainnya di kampus , dan digunakan oleh departemen yang lain .
    
IT Services menyediakan kepemimpinan dalam manajemen konfigurasi Wayang praktik terbaik . Karya ini telah mengilhami masyarakat dan didorong peningkatan produk , dan keahlian Stanford telah dicari oleh banyak lembaga lainnya .Untuk Windows :

    
Windows 2000 Server , Windows Server 2003 , Windows Server 2003 R2 , Windows Server 2008 , dan Windows Server 2008 R2 yang didukung . Kebanyakan penyedia layanan hosting telah pindah ke Windows Server 2008 atau Windows Server 2008 R2 untuk mengambil keuntungan dari perbaikan dalam manajemen server dan skalabilitas .
    
Instalasi sistem operasi dasar sepenuhnya otomatis , tetapi aplikasi biasanya dipasang secara manual .
    
Firewall dan pengaturan sistem penting lainnya dikendalikan oleh Group Policy .Untuk Mac OS X Server :

    
Server menjalankan OS 10,4-10,6 .
    
Minimal 10,5 dianjurkan , dan upgrade yang direncanakan untuk semua server saat ini untuk memenuhi rekomendasi minimum ini .
    
Beberapa server yang dikelola adalah bagian dari sistem direktori pusat , sementara beberapa server tidak .penglihatanSemua sistem operasi server dikonfigurasi untuk mengikuti standar dan praktik terbaik untuk sistem operasi tertentu . Standar yang diterapkan meliputi Filesystem Hierarchy Standard untuk lokasi file di sistem * nix , Kebijakan Debian untuk perangkat lunak dan skrip dikemas untuk sistem Debian , pedoman kemasan Red Hat untuk sama pada Red sistem Hat , persyaratan Standar Linux Basis mana yang berlaku dan didukung oleh distribusi Linux , dan Microsoft Kerangka Operasi untuk Windows. Pendekatan ini mendukung kesesuaian , kemudahan manajemen , dan prediktabilitas file location dan perilaku , yang meningkatkan kemampuan untuk mengotomatisasi tugas-tugas dan memelihara sistem selama jangka hidup mereka .Sebagai ukuran otomatisasi dan auditability , IT Services akan terus bergerak ke arah menggunakan paket untuk penyebaran binari pada sistem . Paket native Linux dan ditandatangani paket Windows MSI lebih disukai daripada paket yang dibuat secara lokal . Konfigurasi server akan dikelola menggunakan Wayang untuk penyebaran konfigurasi Linux , dan Microsoft System Center dan Kebijakan Grup untuk penyebaran Konfigurasi Windows.Upaya Menjaga berbasis masyarakat , IT Services akan terus menjadi sangat aktif dalam masyarakat yang terlibat dengan arah OS platform . Anggota tim Linux akan mempertahankan paket Stanford - spesifik dalam distribusi Debian dan mengarahkan distribusi Debian untuk lebih memenuhi kebutuhan Services IT . IT Services akan secara aktif berpartisipasi dalam program beta - testing untuk sistem operasi Windows dan Macintosh server masa depan . Umpan balik akan diberikan kepada Microsoft dan Apple, baik secara individu maupun melalui kelompok sebaya pendidikan tinggi , untuk terus meningkatkan sistem operasi yang mendukung oleh IT Services . Ketika versi baru dari salah satu sistem operasi di atas dilepaskan , IT Services harus siap untuk mendukungnya .Sebaliknya, karena distribusi Red Hat komersial , dan karena itu kurang berbasis masyarakat , dan karena pengalaman IT Services ' dengan Red Hat telah terbukti kurang berbasis standar dan kurang terukur . IT Services akan terus membatasi Red Hat deployment untuk aplikasi di mana vendor secara khusus diperlukan Red Hat . Demikian pula , IT Services akan terus phase out penggunaan Solaris .Tren teknologi IT Services yang sedang mempertimbangkan karena mengembangkan strategi di bidang ini :

    
Penggunaan paket asli untuk menyebarkan file biner di Linux
    
Pentingnya peningkatan patch dan memperbarui siklus teratur untuk kedua patch keamanan dan versi OS baru .
    
Enkripsi disk penuh sekarang menjadi fitur standar di sistem operasi Windows Server .
    
WS - manajemen , implementasi layanan web Distributed standar Management Task Force, menjadi lebih tersedia secara universal . IT Services sudah menargetkan ini pada Windows, tetapi mungkin berguna cross-platform .
    
IPSec menjadi lebih luas digunakan sebagai metode kontrol akses jaringan .
    
IPv6 sekarang umumnya tersedia , tetapi belum banyak digunakan .
    
Mac OS X Server terus menjadi lebih cocok untuk kebutuhan departemen , bukan solusi tingkat perusahaan .
    
Lingkungan virtualisasi sekarang pilihan untuk platform Mac OS X Server .
    
Fokus pada yang benar arsitektur 64-bit untuk Mac OS X Server .tujuanUntuk sistem Linux :

    
Merevisi patch siklus , dengan menggunakan out-of -date laporan untuk memastikan patch triwulanan diterapkan sesuai jadwal .
    
Lanjutkan proses siklus hidup server dengan konfigurasi manajemen database ( CMDB ) .
    
Pindahkan semua file konfigurasi dengan password ke dalam dompet .
    
Decommission semua RHEL3 dan RHEL4 sistem dan / atau bermigrasi mereka untuk RHEL5 .
    
Decommission semua Debian Sarge dan Etch sistem dan / atau bermigrasi mereka untuk Debian Lenny .Untuk sistem Windows :

    
Mengintegrasikan proses siklus hidup Server dengan CMDB .
    
Penyebaran lengkap System Center Configuration Manager untuk Windows Server .
    
Siapkan untuk versi berikutnya dari Windows Server 2012 .
    
Menyebarkan server baru menggunakan Windows Server 2008 R2 .
    
Contoh Sunset Windows Server 2003 dan versi sebelumnya dari Windows Server . Server produksi harus menjalankan Windows Server 2003 R2 atau versi .Untuk sistem Mac OS X :

    
Bergabung ke sistem direktori pusat untuk perbaikan manajemen .
    
Contoh Sunset dari Mac OS X Server yang tidak rilis terbaru atau sebelumnya .
    
Pindahkan semua server untuk sistem manajemen sistem terpusat untuk kontrol akses , patch , dll
    
Menyelidiki dan mempersiapkan diri untuk contoh virtual OS X .peta jalanLinux :

    
Penonaktifan atau membangun kembali sistem RHEL4 sebagai sistem RHEL5
    
Penonaktifan atau membangun kembali sistem Debian Etch sebagai Debian Lennyjendela :

    
Melatih staf Windows pada Windows Server 2008 R2 Platform .
    
Validasi dan memperbarui layanan saat ini kemampuan untuk menggunakan Windows Server 2008 R2 .
    
Mengevaluasi dan memperbarui saat ini metodologi Server OS membangun untuk mendukung penyebaran cluster jendela tinggi Performance Computing Edition .Mac OS X Server :

    
Evaluasi pendekatan yang terbaik untuk layanan direktori . Jika kampus menawarkan tidak tersedia , bermigrasi ke server ( Komputer Sumber Daya Consulting ) Open Directory Server CRC .
    
Bekerja dengan klien untuk merencanakan dan bermigrasi ke server terbaru OS .
    
Sertakan Mac OS X Server di ada IT Services terpelihara monitoring dan alat manajemen .
    
Mengevaluasi dan mempersiapkan diri untuk virtualisasi pada platform Macintosh .Ukuran keberhasilan

    
Decommissioning semua server Solaris selesai.
    
Semua Server Windows adalah menjalankan Windows Server 2008 atau Windows Server 2008 R2 , dibandingkan sistem operasi sebelumnya .
    
Penonaktifan atau upgrade RHEL4 atau sistem yang lebih tua , dan Debian Etch atau sistem yang lebih tua , selesai.
    
Semua Mac OS X Server menjalankan 10,5 atau lebih tinggi .
    
Semua Mac OS X Server bergabung ke layanan direktori pusat .
    
Semua Mac OS X Server dipindahkan ke sistem manajemen terpusat .

LANGKAH-LANGKAH MENGINSTAL LINUX UBUNTU 12.04

Cara Install Ubuntu 12.04 LTS (Precise Pangolin)
1. Masukkan CD Ubuntu installernya, lalu restart komputer.
2. Atur agar booting dari CD/DVD.
3. Setelah Ubuntu telah boot, Anda akan disajikan dengan layar yang terlihat seperti ini:
4. Klik Install Ubuntu untuk menginstal. Kemudian akan muncul tampilan seperti ini:
Centang kedua kotak, ini tujuannya untuk menginstal semua pembaruan ketika menginstal, yaitu pembaruan seperti, Music Player, Video Player dll, karena defaultnya ubuntu gak ada music playernya, jadi harus update sendiri lewat ubuntu software center.
Anda juga harus memiliki minimal 4.5GB ruang kosong yang tersedia, jika tidak maka Anda tidak dapat dilanjutkan. jika di centang(untuk pembaruan) harus tersambung dengan internet, tapi jika gak ada koneksi, tidak dicentang juga gak papa. tetapi Anda tidak akan bisa mendapatkan update, atau sembarang paket bahasa yang mungkin anda butuhkan.
5. Selanjutnya Anda bisa memilih cara untuk menginstal ubuntunya:
Disini saya mempunyai komputer yang masih kosong belum, belum ada Operating Systemnya, sehingga saya dapat memilih untuk menggunakan seluruh disk.
Atau anda dapat menentukan partisi secara manual (Something Else). Dan anda juga dapat Memilih untuk Dual Boot atau menginstal bersama windows(jika komputer sudah terinstal windows). Ini akan kita bahas pada pertemuan berikutnya.
Yaitu Anda akan disajikan dengan menu dengan pilihan untuk memilih sistem operasi setiap kali Anda menyalakan komputer Anda.
Jika sudah memilih cara penginstalan, Klik “Continue”.
6. Lalu Anda akan disajikan dengan layar konfirmasi, seperti ini:
Klik “Install Now” untuk memulai instalasi.
Anda akan ditanya beberapa pertanyaan dalam satu detik tentang di mana Anda, apa nama Anda, dan bagaimana Anda ingin komputer Anda mengatur. Ini adalah untuk pengaturan waktu, nama pengguna, dan folder home.
Where are you?
Pilih lokasi Anda dengan mengklik di peta. Hal ini untuk memilih zona waktu anda dan daerah anda.
Keyboard Layout
Pilih saja Defaultnya English(US) atau sesuaikan dengan keyboard anda.
Who are You?
Silahkan isi dengan memasukkan user name, nama pengguna, password sesuai yang anda inginkan.
Setelah selesai mengisi, Klik “Continue”.
Silahkan Duduk sambil ngopi untuk menikmati tayangan slide tentang Ubuntu, semua gratis, full-versi software yang Anda miliki, dan seberapa besar itu adalah untuk menginstal Ubuntu 12,04 LTS (Precise Pangolin).
Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda, Selamat Mencoba …
CARA MEMBLOKIR SITUS MELALUI LINUX UBUNTU

Cara Install Squid Melalui Terminal di Ubuntu



1. buka terminal dan login sebagai root.

2. kemudian ketikan perintah berikut :

          root@newbie:~# apt-get install squid3  (untuk squid versi 3)

          root@newbie:~# apt-get install squid    (untuk squid versi 2)

3. tekan "y" dan tunggu hingga proses selesai.

4. untuk mengkonfigurasinya :

          root@newbie:~# gedit /etc/squid3/squid.conf  (untuk squid versi 3)

          root@newbie:~# gedit /etc/squid/squid.conf    (untuk squid versi 2)
 
OK gan sekarang saya akan posting tentang squid, serta cara installasinya maupun memblock situs,. ,langsung aja dengan pengertian Squid,.
Proxy server adalah peranta atau jembatan antara server dengan internet, kebanyakan proxy merupakan website server (web proxy). Dalam mensetting proxy server bisa menggunakan squid. Squid adalah paket yang disediakan linux untuk installasi proxy server.
Pertama-tama install squidnya, bagaimana caranya? Buka kernel pada linux anda, setelah sudah berada di kernel, anda diharuskan login sebagai root, perintahnya:
$ SU
lalu silahkan masukan password root anda.
Setelah login sebagai root, install paket squid (harus menggunakan koneksi internet), perintahnya adalah:
# yum install squid
lalu akan muncul
Loading “installonlyn” plugin

Setting up Install Process
Setting up repositories
Reading repository metadata in from local files
Parsing package install arguments
Resolving Dependencies
–> Populating transaction set with selected packages. Please wait.
—> Package squid.i386 7:2.6.STABLE6-4.el5 set to be updated
–> Running transaction check
Dependencies Resolved
=============================================================================
Package Arch Version Repository Size
=============================================================================
Installing:
squid i386 7:2.6.STABLE6-4.el5 updates 1.2 M
Transaction Summary
=============================================================================
Install 1 Package(s)
Update 0 Package(s)
Remove 0 Package(s)
Total download size: 1.2 M
Is this ok [y/N]: y
Downloading Packages:
Running Transaction Test
Finished Transaction Test
Transaction Test Succeeded
Running Transaction
Installing: squid ######################### [1/1]
Installed: squid.i386 7:2.6.STABLE6-4.el5
Complete!
Setelah instalasi squid selesai, cek komputer apakah sudah benar terpasang squid? Perintahnya adalah:
# rpm -qa | grep squid
Setelah penginstallan squid, kita masuk ke langkah konfigurasinya, lalu bagaimana cara konfigurasi squid?
ketikan perintah berikut untuk menajalankan squid, perintahnya adalah:
# service squid start
Jika berhasil menjalankan squid maka akan muncul tulisan OK, jika gagal muncul tulisan Failed, lalukan ulang installasi squid.
Selanjutnya masuk ke directory squid, perintahnya adalah:
# cd /etc/squid
Untuk mencegah kesalahan backup file squid, perintahnya adalah:
# mv squid.conf squid.conf.backup
buat file untuk meletakan script untuk konfigurasi squid, perintahnya
# nano squid.conf
lalu masukan script berikut
http_port 3128

cache_mgr rayhan.dillah@bangbiw.com
visible_host bangbiw.com
acl situs_blokir dstdomain “/etc/squid/blokir.txt”
http_access deny situs_blokir
acl all src
Setelah memasukan script di atas, save. Selanjutnya buat list atau daftar situs yang ingin diblokir pada proxy anda. Caranya:
Buat file txt di directory /etc/squid dengan nama blokir.txt, nama file txt hrus sesuai dengan script yang dikonfigurasi barusan. perintahnya adalah:
# nano /etc/squid/blokir.txt
Lalu masukan daftar situs yang ingin diblokir, misalnya
www.twitter.com

www.facebook.com
Daftar situs yang ingin diblokir dapat ditambahkan sesuai keingingan anda, lalu save.
Konfigurasi firewall supaya diarahkan ke squid atau proxy, ketikan perintah
# vim /etc/sysconfig/iptables
Lalu tambahkan
-A PREROUTING –s 192.168.30.0/24 –p tcp –dport 80 –j REDIRECT –to-port 3121
Lalu save, setelah di save restart firewall atau iptables nya, masukan perintah
# service iptables restart
Jika berhasil maka akan muncul:
Flushing firewall rules: [ OK ]

Setting chains to policy ACCEPT: filter [ OK ]
Unloading iptables modules: [ OK ]
Applying iptables firewall rules: [ OK ]
Setelah itu atur browser anda supaya menggukanan proxy server yang telah anda buat. Caranya Buka browser (misalnya Mozila) lalu pilih Menu Edit – Preferences – Advanced – Network – Setting



Masukan localhost 127.0.0.1 atau bisa menggunkan IP anda.





Setelah itu test apakah proxy anda sudah jalan atau tidak. caranya buka situs yang baru saja anda blokir, yaitu twitter dan facebook, jika situs tersebut tidak dapat dibuka, maka cara memblokir situs / website BERHASIL,.

Sekian gan dari saya, semoga bermanfaat,.Oke sampe di sini dulu ya nanti lanjut lagi , untuk yang mau tanya-tanya bisa langusng Lewat Twitter saya Di @carlosuyha

Tidak ada komentar:

Posting Komentar