Selasa, 21 Januari 2014

PERIPHERAL


KATA PENGANTAR
            Monitor komputer merupakan sejenis peranti persisian output yang berupaya memaparkan askara dan/atau imej, baik diam atau bergerak, yang dijanakan oleh komputer dan diproseskan oleh kad grafik.   
            Keyboard merupakan alat input standar yang sangat esensial pada sebuah PC. Tahukah Anda kapan keyboard atau papan ketik pertama kali ditemukan? Jawabannya adalah pada tahun 1864 yang kemudian dipatenkan oleh Christopher Latham Sholes pada 1868.
            Mouse adalah satu dari beberapa alat penunjuk (pointing device) yang dikembangkan untuk oN Line System (NLS) milik Engelbart. Selain mouse, yang pada mulanya disebut “bug” atau dalam bahasa Indionesianya “kumbang”, juga dikembangkan beberapa alat pendeteksi gerakan tubuh yang lain, misalnya alat yang diletakkan dikepala untuk mendeteksi gerakan dagu. Karena alasan kenyamanan dan kepraktisannya, mouse-lah yang akhirnya dipilih.





BAB 1 SEKILAS TENTANG ALAT
PERIPHERAL .
        Peripheral adalah alat-alat yang fisiknya berada di luar box CPU dan berinteraksi langusng dengan penggunanya, seperti mouse, keyboard, monitor, printer dsb..Disebut peripheral karena sifatnya sama dengan istilah peripheral dalam kedokteran yang mengacu kepada bagian tubuh luar, seperti tangan & kaki.
pengertian komputer
          Komputer adalah suatu alat device umtuk mengolah data, dan agar dapat berfungsi dengan baik, maka elemen-elemennya juga harus dapat berfugsi dengan baik. elemen-elemen tersebut adalah hardware (perangkat keras), software (perangkat lunak), dan brainware (otak manusia/operatornya). sedangkan perangkat keras terdiri dari beberapa macam yaitu:input device (perangkat masukan) , output device (perangkat keluaran), storage devuce (perangkat penyimpanan), cpu (pusat pemrosesan) dan peripheral.




pengertian peripheral
       perpheral komputer adalah peralatan tambahan komputer yang dibutuhkan untuk keperluan-keperluan lainnya. misalnya koneksi jaringan, mencetak, atau mengambil gambar.peripheral meliputi printer, scanner, modem network card, dan lain sebagainya. instalasi perifheral meliputi instalasi secara fisik dan instalasin secara software. instalasi secara fisik meliputi pemasangan perifheral dengan baik dan benar, dan instalasi secara software meliputi pengenalan perifheral terhadap sistem operasi yaitu dengan cara mengiinstall drievernya yang kita butuhkan.
              Peripheral komputer merupakan peralatan tambahan komputer yang dibutuhkan untuk keperluan – keperluan lain. Misalnya koneksi jaringan, mencetak, atau mengambil gambar.
Peripheral tersebut meliputi Printer, Scanner, Modem, Network Card, dan lain sebagainya. Instalasi peripheral meliputi instalasi secara fisik dan instalasi secara software. Instalasi fisik meliputi pemasangan peripheral dengan baik dan benar, dan instalasi software meliputi pengenalan peripheral terhadap sistem operasi yaitu dengan menginstall driver yang dibutuhkan.




Bab 2    peralatan peripheral dan fungsinya beserta gambarnya
* macam-macam perifheral :
1. Printer
printer.jpg
Printer atau pencetak adalah alat yang menampilkan interpretation dalam bentuk cetakan, baik berupa teks maupun gambar/grafik, di atas kertas. Printer biasanya terbagi atas beberapa bagian, yaitu picker sebagai alat mengambil kertas dari tray.
Printer adalah salah satu hardware (perangkat keras) yang terhubung ke komputer dan mempunyai fungsi untuk mencetak tulisan, gambar dan tampilan lainnya dari komputer ke media kertas atau sejenis.
2. speaker
speaker.jpg
Printer atau pencetak adalah alat yang menampilkan interpretation dalam bentuk cetakan, baik berupa teks maupun gambar/grafik, di atas kertas.
Printer adalah salah satu hardware (perangkat keras) yang terhubung ke komputer dan mempunyai fungsi untuk mencetak tulisan, gambar dan tampilan lainnya dari komputer ke media kertas atau sejenis.

3. webcam

webcam.jpg
        
                Webcam atau web camera adalah sebuah kamera video digital kecil yang dihubungkan ke komputer melalui (biasanya) port USB ataupun port COM.
Webcam berfungsi sebagai alat kesenangan hidup misalnya berfoto,dan membuat video .

4. scanner
scanner.jpg
            scanner adalah semacam alat fotcopy atau alat untuk menduplikat yang mana hasilnya akan tampil pada layar monitor yang terhubung dengan scanner tersebut. Banyak macam scanner yang kita jumpai pada toko-toko elektronik atau toko komputer, namun pada umumnya memiliki fungsi yang hampir sama, sedangkan pembedanya hanya pada kemampuan, ketahanan dan keefesiensi scanner tersebut. Jika dibandingkan dengan mesin fotocopy, scanner lebih efisien dan mampu memberikan hasil yang lebih akurat. Dengan scanner kita bisa mengedit beberapa kesalahan saat scanning untuk mendapatkan hasil yang sesuai dengan yang kita inginkan.

5. handycam

handycam.jpg
       Handycam adalah alat perekam video yang mudah untuk dibawah kemana-mana fungsi utamanya tentulah untuk merekan video.
       Handycam berfungsi untuk merekam video .


6. joystik
joystik.jpg
Joystick adalah alat masukan komputer yang berwujud tuas atau tongkat yang dapat bergerak ke segala arah, sedangkan games paddle biasanya berbentuk kotak atau persegi terbuat dari plastik dilengkapi dengan tombol-tombol yang akan mengatur gerak suatu objek dalam komputer. Alat ini dapat mentransmisikan arah sebesar dua atau tiga dimensi ke komputer.
Joystik berfungsi sebagai alam untuk bermain game apa saja .

7. headshet
headshet.jpg

         Headshet adalah alat untuk pendengar jelas agar kita dapat bisa mendengarkan apa yang komputer terapkan dengan jelas .
         Headshet berfungsi untuk mendengar dengan jelas .

8. proyektor
proyektor.jpg
Proyektor adalah alat untuk layar lebar yang biasa digunakan untuk membaca presebtasi .
Proyektor berfungsi untuk menancapkan layar besar.

9. modem
modem.jpg


            Modem berasal dari singkatan MOdulator DEModulator. Modulator merupakan bagian yang mengubah sinyal informasi kedalam sinyal pembawa (Carrier) dan siap untuk dikirimkan, sedangkan Demodulator adalah bagian yang memisahkan sinyal informasi (yang berisi data atau pesan) dari sinyal pembawa (carrier) yang diterima sehingga informasi tersebut dapat diterima dengan baik. Modem merupakan penggabungan kedua-duanya, artinya modem adalah alat komunikasi dua arah.
Fungsi modem yaitu untuk mengubah sinyal digital menjadi sinyal suara dan juga sebaliknya .
10. flashdisk
flashdisk.jpg
Flashdisk sering disebut sebagai USB Drive, Pen Drive, Pocket Drive, atau microdisk adalah alat penyimpan data/file yang berupa NAND. Di dalam perangkat ini, tertanam controller dan memori penyimpan data yang bersifat non – volatile alias tidak akan hilang meskipun tidak terdapat daya listrik. Komponen flashdisk lebih sederhana dan relative lebih sedikit dibandingkan dengan hardisk .
Flashdisk untuk menyimpan dan memindahkan data Anda mungkin yang paling umum digunakan untuk USB flash drive.

11. card reader
card reader.jpg
Card Reader kalau diartikan dalam bahasa Indonesia artinya adalah pembaca kartu. Card reader ini berfungsi untuk membaca memory card HP ataupun memory card lainnya seperti SD Card, Mini-SD, RS Card, MSD (Memory Stick Duo), MSD PRO, MD, CF, XD, T-Flash (Trans Flash), dan masih banyak lagi.
Memory card ini dapat dibaca oleh komputer melalui card reader yang dihubungkan langsung dengan colokan USB yang kita sering gunakan untuk membaca Flashdisk.



12. microphone
microphone.jpg
Fungsi microphone adalah menangkap gelombang suara dan mengubahnya menjadi arus listrik. Sedangkan pengertian microphone adalah alat yang terdiri dari membran sebagai penangkap getaran bunyi, lilitan kawat tembaga dan magnet sebagai pengubah getaran menjadi arus lisrtik.

Sinyal listrik yang berasal dari microphone masih sangat lemah sehingga harus di kuatkan beberapa tingkat dengan menggunakan rangkaian pre-amp mic dan amplifier. Jenis-jenis microphone yang sering di gunakan adalah dynamic microphone dan condensor microphone.

13. keyboard
keyboard.jpg
Keyboard komputer Adalah salah satu bagian yang paling penting dari sebuah komputer yang digunakan untuk memasukkan perintah, teks, data numerik dan jenis-jenis data dengan menekan tombol pada keyboard.
Fungsi keyboard adalah mengirimkan perintah dari tiap huruf maupun angka yang kita ketikkan kemudian menyampaikannya ke CPU dan selanjutnya perintah manual tersebut akan di rubah menjadi sinyal-sinyal digital sehingga dapat dimengerti oleh prosessor.

14. monitor
monitor.jpg
Monitor merupakan salah satu perangkat keras (Hardware) yang digunakan sebagai penampilan output video dari pada sebuah komputer, dan kegunaannya tersebut tidak dapat dipisahkan dalam pemakaian suatu komputer, sehingga dikarenakan monitor itu sebagai penampilan gambar maka tentunya komputer sangat sulit digunakan dan bahkan sama sekali tidak dapat digunakan tanpa menggunakan komputer. 


Monitor komputer merupakan sejenis peranti persisian output yang berupaya memaparkan aksara dan/atau imej, baik diam atau bergerak, yang dijanakan oleh komputer dan diproseskan oleh kad grafik. Tedapat empat jenis Monitor, iaitu Monitor monokrom, Monitor warna, Monitor segerak berbilang, dan Monitor ELD (Elektro Luminescent Display). Setiap Monitor mempunyai ciri-ciri dan sejarah tersendiri. 

15.mouse
mouse.jpg

Mouse adalah perangkat keras komputer yang digunakan untuk menggerakkan cursor pada layar komputer atau laptop.
Mouse berfungsi untuk memudahkan pengguna komputer untuk mengakses tombol perintah yang biasanya menggunan tombol kombinasi keyboard baca: Shortcut keyboard lengkap .





Bab 3    masalah-masalah alat peripheral
mengetahui masalah apa yg sering timbul pada peripheral Komputer,dan berikut adalah masalah yang sering terjadi pada peripheral Komputer :

a. Keyboard.
keyrusak.jpg

Masalah yang sering timbul pada keyboard adalah debu dan kotoran yg masuk disels – sela tombol keyboard yang menumpuk dan mengeras sehingga akan mengganggu kenyamanan dalam menekan tombol keyboard atau tombol keyboard akan menjadi keras. selain itu, kotoran jenis cair juga dapat membuat keyboard macet, tombol seperti terpencet terus, dan juga dapat terjadi hubung pendek yang dapat mengakibatkan keyboard tak dapat dipakai kembali, dan yang paling parah menyebabkan port PS/2 pada motherboard rusak.




b. Monitor.
monrusak.jpg

Sama seperti keyboard, monitor juga rentan terhadap debu. Debu pada monitor akan membuat layar buram dan apabila debu tersebut sudah menempel pada layar monitor, lalu cara membersihkannya tidak benar, maka dapat menggores layar monitor. Selain pada layar, debu juga dapat menutupi fentilasi udara pada monitor dan bisa menimbulkan panas yang berlebihan pada monitor. Dan untuk kotoran cair yang masuk ke dalam monitor, bias menyebabkan monitor rusak.

c. Fan.
fan.jpg

Sering sekali dijumpai debu yang menempel di fan. Debu yang menempel tersebut akan menghambat putaran fan jika telah menempel pada poros dari fan itu sendiri.


d. Printer.
printrusak.jpg

Printer merupakan peripheral yang sangat rawan terkena kotoran.

Debu yang masuk kedalam printer akan menyebabkan roller pemutar kertas menjadi terhambat. Hal ini terjadi jika debu sudah menumpuk terlalu banyak. Untuk kotoran cair, biasanya disebabkan tinta yg tumpah. Selain akan mengotori printer tinta dapat mengotori head atupun catridge. Perlu diketahui bahwa catriadge merupakan komponen yang sangat rawan, sehingga trouble yang paling parah adalah catridge mati merupakan kasus yang sering terjadi akibat tinta yang berlebihan.









e. Mouse.
mouserusak.jpg

Mouse merupakan peripheral paling rawan terhadap debu,apalagi mouse tang masih menggunakan bola. Apabila debu telah banyak menempel pada mouse maka gerakan bola tidak normal, dapat dilihat dari gerak kursor yang meloncat - loncat ataupun dirasa sangat lambat. Hal ini akan membuat mouse sulit diarahkan.















Bab 4   solusi masalah alat peripheral
Dari setiap masalah pasti ada solusinya,seperti juga alat peripheral ini biasanya dia mempunyai masalah dan kini sudah ada solusinya yaitu sbb :
1.  printer
        Masalah: Proses cetak sangat lambat.Solusi: Dalam keadaan normal, jika printer terlalu lambat dapat diatasi dengan mengurangi kualitas cetak output. Ini bisa dilakukan dengan mengubah setelan printer dari default beralih ke mode mencetak draft. Hanya saja kualitas printout menjadi sedikit menurun kualitasnya. Caranya adalah silakan buka [control panel] cari fasilitas [printer] lalu klik kanan ikon printer anda, lalu pilih [Properties]. Silakan cari pengaturan yang mengurangi kualitas cetak pada jendela ini. Biasanya ada 3 pilihan, High Quality, Normal dan Fast Draft.
2.  Monitor
Monitor Tidak Mau Menyala
Solusinya : Pastikan bahwa tombol power dalam keadaan ON.
Jika lampu indikator tidak menyala, lihat kabel power baik pada monitor maupun yang ke arah outlet listrik. Pastikan bahwa pemasangan sudah benar.
Apabila tetap tidak menyala, gantilah dengan kabel power lain.

Jika lampu indikator pada monitor hidup dan berwarna orange atau berkedip-kedip, cek kabel video yang menghubungkan monitor dengan CPU apakah sudah terpasang dengan baik dan benar. Pastikan sudah terpasang dengan benar.
Apabila dengan pengecekan di atas masalah ini tetap tidak teratasi berarti ada problem pada sinyal video board adapter monitor.

3.  keyboard
Tombol keyboard sering macet untuk ditekan, atau tombol keyboard tertekan terus.
Solusinya : Perlu dilakukan pembersihan pada keyboard. Keyboard dapat dibersihkan dengan menyedot atau menyemprotnya dengan vacuum cleaner atau dapat memakai kuas. Dan juga dapat dibersihkan dengan menggunakan kain lap yang dibasahi dengan cairan pembersih atau alkohol. Ingat bahwa proses pembersihan harus dilakukan pada saat komputer mati dan keyboard dilepas dari portnya.

4.mouse

Mouse tidak terdeteksi oleh PC
Solusinya : Matikan komputer. Cek apakah kabel mouse telah terpasang dengan benar. Jika perlu lepas dan pasangkan kembali mouse tersebut untuk meyakinkan koneksinya.
Pada saat melepas dan memasang mouse komputer dalam keadaan mati agar tidak terjadi konsleting. Setelah itu hidupkan kembali komputer. Apabila pesan kesalahan masih muncul, kemungkinan rusaknya driver yang menghubungkan sistem dengan mouse. Untuk itu perlu melakukan pendeteksian ulang driver secara otomatis dengan windows melalui device manager.
Langkah yang dilakukan :
Klik kanan My Computer pada desktop windows,
Pilih properties>>Hardware>>Device Manager,
Klik mouse tersebut dengan menggunakan keyboard dengan bantuan tombol Tab,
Hapus drive mouse yang lama dengan menggunakan tombol Remove,
Setelah itu restart ulang komputer.
Jika sambungan dan driver mouse sudah benar tetapi ternyata mouse tidak terdeteksi oleh windows, ada kemungkinan mouse rusak. Atau kemudian coba dengan mouse yang lain, apakah terjadi hal yang sama. Apabila masih tetap seperti itu, berarti port PS/2 nya yang rusak.









Bab  5   kesimpulan

             Periferal komputer merupakan peralatan pendukung dari sebuah Personal Computer (PC). Pada umumnya periferal dapat meliputi keyboard, mouse, monitor, dan printer. Pada umumnya pula periferal mengalamai masalah yang disebabkan karena debu, percikan air, dan kotoran.













BAB 6 PENUTUP

         ALAT PERIPHERAL SANGAT BERGUNA UNTUK KOMPUTER SAMA DEBGAN MANUSIA , APABILA MANUSIA TKK MEMPUNYAI KAKI DAN TANGAN APA GUNANYA ORGAN-ORGAN YANG LAIN.....
Oke sampe di sini dulu ya nanti lanjut lagi , untuk yang mau tanya-tanya bisa langusng Lewat Twitter saya Di @carlosuyha



#FINISH AND THANK’S#



Tidak ada komentar:

Posting Komentar